Aseek

Selasa, 18 Januari 2011

Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Masuk ke Blog

Apakah anda sudah tahu selama ini bahwa ada atau tidak pengunjung yang masuk ke blog anda? Padahal tujuan kita membuat blog pada intinya adalah untuk saling berbagi informasi kepada banyak orang. Dan adanya pengunjung tersebut juga akan menjadi kepuasan tersendiri bagi kita. Jika jawaban anda belum, mudah-mudahan tulisan ini bisa membantu anda. 


Ada banyak cara dan fasilitas yang bisa kita gunakan untuk mengetahui jumlah pengunjung yang masuk ke blog kita, baik yang gratis maupun yang berbayar. Untuk yang gratis anda bisa menggunakan layanan dari situs seperti Sitemeter, Feedjit, Geoviste, Histats, Among Us, Hit Counter dan masih banyak lagi. Semua ini adalah layanan dari pihak ketiga. Sedangakan dari blogger.com sendiri sekarang juga sudah menyediakan fasilitas untuk itu. Sehingga anda tidak harus repot-repot lagi mencarinya dari situs lain. Ini tergantung pada pilihan anda.

Apa saja yang bisa ketahui dari layanan pencatat pengunjung masuk tersebut?

Pertama, Visitor

Ini adalah untuk mengetahui berapa jumlah pengunjung yang masuk. Baik rata-rata perjangka waktu, seperti perhari, perminggu dan pertahun, maupun jumlah total secara keseluruhan.


Kedua, Pageview

Ini adalah jumlah berapa halaman yang dibuka oleh pengunjung di blog anda. Sebagai contoh, jika tertulis angka pageview blog anda 20, maka itu berarti sudah 20 halaman (tulisan) yang dibaca pengunjung di blog anda.

Ketiga, Time on Site:

Ini adalah seberapa lama pengunjung membuka blog anda. Jika tertulis misalnya rata-rata time on site 4 menit, maka itu menandakan bahwa rata-rata pengunjung membuka blog anda selama 4 menit.

Secara garis besar itulah yang bisa anda ketahui dari fasilitas pencatat pengunjung. Meskipun secara lebih detail sebenarnya masih banyak hal yang tertera di sana. Sekarang anda tinggal memlih mau menggunakan fasiltas yang mana. Di bawah ini sudah ada beberapa pilihan yang bisa anda gunakan.

Selain blogger.com, apa saja widget statistik pengunjung yang anda gunakan harus diwalai dengan membuat akunnya terlebih dahulu. Setelah itu baru bisa anda gunakan fasiitasnya di blog anda. Untuk itu pilihlah widget statistik mana yang akan anda gunakan. Dan anda tidak perlu bingung. Karena rata-rata fungsinya sama. Perbedaan hanya pada hal-hal tertentu saja yang tidak terlalu prinsip.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar